Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng

Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng dari buah dan sayuran kacang panjang dan wortel ditambah telur tomat dan cabai berbagi kreasi cara bikin hiasan nasi kuning buat tumpeng buat acara syukuran atau slametan, sudah menjadi sebuah tradisi di indonesia ketika mengelar sebuah acara syukuran dan slametan membuat tumpeng dari nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya berbentuk kerucut, yang memiliki syarat akan sebuah makna yang tekandung didalamnya.

Menurut catatan sejarah masyarakat indonesia membuat tumpeng terinspirasi dari gunung gunung berapi yang ada di indonesia khususnya pulau jawa yang menggelar acara sedekah gunung atau memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para roh leluhur ketika pada masa hindu, bentuk kerucut pada tumpeng meniru bentuk gunung mahameru yang dipercaya tempat bersemayam dewa dewi, dan sampai saai ini tradisi untuk membuat tumpeng masih berlangsung.

Cara Bikin Hiasan Tumpeng

Berbagi Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng di rumah dengan mudah, untuk membuat tumpeng memang terbilang susah susah gampang dibutuhkan keahlian untuk merangkai dan mempercantik nasi tumpeng dengan beraneka ragam lauk pauk dan sayuran yang dibuat semenarik mungkin.

Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng


Nasi tumpeng hampir selalu dijadikan hidangan istimewa dalam acara – acara khusus. Tidak hanya cukup dengan beragam sajian lauk pauk, aneka hiasan juga patut ada. Namun, jika hiasannya terbuat dari wortel segar yang berbentuk bunga pasti tidak hanya cantik tapi juga sehat. Sebelum membuat hiasan nasi tumpeng hal yang paling penting adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang di butuhkan dan pastikan bentuk tumpeng yang akan di buat apakah berbentuk persegi 4 atau berbentuk bulat berikut adalah cara membuat tampah tumpeng

Bahan -bahan :

  1. Tampah
  2. Styrofoam ( seukuran tampah )T
  3. Tusuk Gigi
  4. Gunting / Pisau
  5. Daun Pisang 
  6. Stapler (Hekter)

Langkah awal untuk membuat hiasan nasi tumpeng adalah membuat alas terlebih dahulu :

cara membuat tampah tumpeng

Membuat daun pisan berbentuk segitiga untuk hiasan tumpeng, potong2 daun pisang seukuran telapak tangan, lalu bentuk menjadi sebuah kerucut lalu di Hekter di pinggir segitiga pada daun pisang untuk menguatkan,

membuat tampah tumpeng

Setelah selesai lalu potong kacang panjang samakan panjangnya dengan tusuk gigi, dan masukan satu persatu ke dalam tusuk gigi. Seperti contoh di bawah ini :

 

Hiasan Nasi Tumpeng dari Kacang Panjang

Gunting kedua ujung kacang panjang kemudian lilitkan secara selang seling. Bikin lima atau tujuh susun pagar pada tumpeng usahakan ganjil.

Tampah Nasi Tumpeng

Akhirnya jadi deh, tahap selanjutnya membuat Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng untuk mempermudah membuat hiasan cantik dengan menggunakan alat sederhana berbentuk seperti serutan alat untuk membuat hiasan dari sayuran seperti tomat, wortel dan mentimun mudah dan praktis alat ini disebut Carrot Curler mempermudah membuat hiasan untuk semua hidangan agar lebih cantik dan pastinya menggugah selera.

Easy Carrot Curler Peeler

Alat ini sangat membantu dalam membuat hiasan cantik dari sayuran.

 

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng yang dapat sobat baca dan simak di Bagaimana Cara! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Bagaimana Cara unuk mendapakan Berbagai Macam Cara secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Source Tags: , , , .

Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng | caricara | 4.5

Leave a Reply