Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Mudah di Buat

Contoh kerajinan dari tanah liat yang mudah dibuat dan cara pembuataan kerajinan tanah liat sederhana untuk anak sekolah sebagai media kreatifitas dalam membuat berbagai macam bentuk menggunakan tanah liat. Tanah liat berbeda dengan tanah pada umumnya tanah liat memiliki sifat yang elastis berpartikel halus dan saling berkaitan, itu alasan mengapa tanah liat mudah untuk dibentuk. Tak heran jika tanah liat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan keramik dan tembikar yang beraneka ragam.

Jadikan anak anda lebih kreatif dengan tanah liat ayo berkreasi kerajinan dari tanah liat. Berani kotor itu baik ,tidak hanya menyenangkan, bermain tanah liat juga akan mengembangkan kemampuan – kemapuan anak. Bermain tanah liat dapat memacu keterampilan, koordinasi otak, motorik dan keseimbangan dan juga kemampuan berimajinasi dan masih banyak lagi.

Tanah Liat Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak

Kreatif merupakan aset yang sangat berharga bagi anak, karena ketika dewasa nanti orang yang kreatiflah yang membuatnya berbeda dengan orang – orang disekitarnya, karena orang yang kreatif menggabungkan antara kecerdasan dengan imajinasi dalam memecahkan masalah, akibatnya semakin kreatif orang tersebut maka juga akan semakin tinggi nilai orang tersebut.

Karena dengan kreatif kita dapat menciptakan solusi – solusi yang tidak terbayangkan oleh orang lain. Pada dasarnya setiap anak sudah memiliki kemampuan untuk menjadi kreatif sejak kecil, tetapi sayangnya bila tidak dipergunakan dan dikembangkan maka perlahan – lahan insting kreatif itupun akan menjadi tumpul, sehingga orang tua harus tetap memberikan rangsangan – rangsangan, agar anak dapat tumbuh menjadi orang yang kreatif hingga dewasa.

Salah satu caranya, dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang membutuhkan kreativitas (aktifitas yang menuntut untuk kreatif). Pastikan kegiatan tersebut menyenangkan, mengajak anak untuk berimajinasi dan yang pastinya tidak membosankan, berikut beberapa kegiatan yang dapat merangsang dan mengembangkan kreativitas anak.

Berkreasi Dengan Tanah Liat

Tanah liat merupakan sumber daya alam, yang biasa diolah menjadi keramik dan bahan-bahan konstruksi. Seperti dinding dan lantai.

Tetapi tanah liat juga merupakan salah satu media kerajinan tangan. Karena sifatnya yang lunak dan lentur, sehingga tanah liat dapat dibentuk dengan mudah menjadi bentuk yang kita inginkan. Pada tangan yang terampil tanah liat dapat diolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Baik karena bentuk, ukiran maupun warnanya.

Dalam membuat suatu karya seni dari tanah liat ada beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu:

Tahap mendesain /pembuatan, pengeringan, pembakaran dan pewarnaan.

Tahap mendesain, adalah tahapan mengolah tanah liat menjadi bentuk yang diinginkan. Pada tahap ini kreatifitas, imajinasi, kesabaran, dan fokus kita diuji. Karena untuk membuat bentuk yang diinginkan kita tentunya membutuhkan tangan yang terampil. Disinilah kemampuan motorik dan fokus kita diuji. Karena untuk hasil yang bagus, tanah liat menuntut keindahan dan kerapihan.

Tahap pengeringan, adalah tahap setelah tanah liat sudah menjadi bentuk yang kita inginkan, pada tahap ini. Tanah liat didiamkan selama beberapa hari, hingga tanah liat mengering dan mengeras dengan sendirinya, sebaiknya tanah liat tidak dijemur, tetapi didiamkan saja dan mengering dengan sendirinya, sebab bila tanah liat dijemur, maka tanah liat akan lebih mengalami keretakan karena proses penguapan secara spontan.

Tahap pembakaran, merupakan tahapan memasukkan tanah liat yang sudah kering ke dalam tungku. Dengan suhu sekitar 1000°C. Sehingga terjadi reaksi kimia dan menyebabkan tanah liat menjadi keras secara permanent dan tanah air.

Tahap mewarnai, setelah dikeluarkan dari tungku, masuk ke proses pengecatan, karena warna alami tanah liat ini biasanya merah atau coklat. Kita bisa mengecat karya kita sesuai dengan warna yang kita inginkan.
Jika sudah selesai, berarti karyanya sudah jadi dan siap untuk dipakai

Berikut beberapa Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Mudah di Buat

 Cara Membuat Kerajinan Tanah Liat Vas Bunga

Cara Membuat Hewan dari Tanah Liat

contoh kerajinan dari tanah liat dan cara pembuatannya
contoh kerajinan tanah liat primer
contoh kerajinan tanah liat sederhana
cara membuat kerajinan tanah liat
cara membuat kerajinan tanah liat kura kura
produksi kerajinan tanah liat
cara membuat kerajinan tanah liat gelas
cara membuat kerajinan tanah liat celengan

cara membuat kerajinan tanah liat vas bunga
cara membuat kerajinan tanah liat asbak
cara membuat kerajinan tanah liat kura kura
cara membuat kerajinan tanah liat gelas
cara membuat kerajinan tanah liat celengan
cara membuat kerajinan dari tanah liat beserta gambarnya

Demikian ulasan mengenai Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Mudah di Buat yang dapat sobat baca dan simak di Bagaimana Cara! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Mudah di Buat" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Bagaimana Cara unuk mendapakan Berbagai Macam Cara secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Mudah di Buat